5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya

5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya - Hai, selamat liburan. Semoga liburan kalian menyenangkan ya, asal jangan berlibur ditempat pantai atau laut Selat Sunda dulu ya. Karena kemarin malam telah terjadi suatu bencana yaitu tsunami. BMKG memberi peringatan jangan mendekati pantai sampai peringatannya itu dicabut. Mari kita berdoa bersama-sama agar korban yang belum ditemukan segera ditemukan, dan korban yang meninggal semoga mendapatkan sisi yang terbaik di sisi Tuhan. Ohh iyaa, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai Jenis jenis karangan dan contohnya sesuai cara penyajiannya. Pada kesempatan sebelumnya, kita telah mempelajari materi mengenai 2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia dan 3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia
5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya
Google Image - 5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya
Karangan Cerita adalah barisan tulisan yang menyampaikan buah pikiran dan isi hati dari penulis (pengarang) dalam tema yang baik dan utuh. Karangan biasa diartikan pula sebagai sekumpulan hasil pola pikir atau ungkapan rasa ke dalam bentuk tulisan yang tersusun secara teratur. 5 jenis karangan berdasarkan isinya terdiri dari karangan narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Dalam jenis-jenis karangan tersebut memiliki cara penyampaiannya dan tujuan masing-masing. Berikut saya berikan 5 contoh jenis karangan singkat beserta ulasan sedikit mengenai pengertiannya. Berikut ini terdapat beberapa karangan pendek yang merupakan contoh karangan berbasis singkat sengaja kami sisihkan untuk anda. Semoga bermanfaat.


5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan berdasarkan Cara Penyajiannya


1. Karangan Narasi

Karangan narasi adalah karangan yang disajikan dengan bentuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan itu.

Contoh:
"Sekitar pukul 21.27 WIB kemarin malam telah terjadi sebuah peristiwa tsunami laut di Selat Sunda, diantara yang terkena dampak tsunami tersebut yaitu Banten dan Lampung khususnya yang berada sekitar di bibir pantai. Dalam tsunami tersebut memakan 222 korban meninggal dan 843 luka-luka. Sebelumnya BMKG juga sudah memberikan peringatan dini bahwa gelombang laut akan tinggi dari tanggal 20 sampai 25 desember 2018. Terjadinya tsunami Banten dan Lampung ini dibarengi dengan adanya bulan purnama, ditambah juga ada erupsi anak gunung krakatau, dan gempa bumi, sehingga menimbulkan masyarakat sekitar daerah tersebut panik. Namun, hal ini sudah diperjelas oleh BMKG pada dini hari kemarin sekitar pukul 02.00 WIB. Pihak BMKG melakukan jumpa pers bahwa penyebab tsunami yang terjadi kemarin malam di karenakan adanya gelombang laut yang tinggi dan mereka juga menghimbau kepada masyarakat bahwa jangan mendekati bibir pantai dulu sampai peringatannya di cabut."
 
2. Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah karangan yang disajikan dengan menggambarkan suatu objek dengan tujuan agar pembaca seolah-olah melihat sendiri objek tersebut tanpa harus melihatnya langsung.

Contoh:
"Udara pagi ini begitu segar untuk dihirup. Segarnya udara pagi ini telah merasuk ke dalam sudut paru-paruku dan memantik kesejukan di dalam kedua paruku ini. Kabut pagi masih menyelimuti wilayah di sekitarku. Meski, lambat laun dia mulai menipis dan mungkin beberapa menit kemudian ia ‘kan menghilang. Saat aku berjalan-jalan sejenak, aku melihat beberapa embun pagi masih bergelantungan di pucuk-pucuk daun pepohonan yang masih hijau itu."

3. Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi adalah karangan yang disajikan melalui penjelasan sebuah pengetahuan atau informasi yang tujuannya agar pembaca mendapat informasi atau pengetahuan tersebut dengan sejelas-jelasnya. Dalam karangan eksposisi ini juga harus dibarengi pula dengan data/fakta untuk memperjelas pemaparan.
Contoh:
"Perlombaan yang sedang berlangsung di adakan oleh ketua RT daerah setempat. Warga masyarakat setempat yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan berbagai jenis kegiatan lomba yang di adakan. Lomba yang di adakan yaitu lomba tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, dan masih banyak lagi."

4. Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah karangan yang disajikan dengan memberikan sebuah ide atau gagasan yang bertujuan untuk menyakinkan, mengajak atau membujuk si pembaca.

Contoh:
"Menghasilkan suatu pekerjaan yang sempurna adalah idaman setiap orang. Namun, memaksakan diri sendiri mampu mengerjakan pekerjaan yang sempurna tiap hari adalah suatu hal yang patut dihindari. Sebab, hal itu akan membuat diri kita sendiri tertekan dan takut pekerjaan yang kita kerjakan akan mengandung banyak kesalahan. Padahal, sebuah pekerjaan yang menandung beberapa kesalahan bukan merupakan hal yang patut ditakutkan, selama kesalahan yang terkandung di dalamnya bukan kesalahan yang fatal. Memiliki pekerjaan yang punya beberapa kesalahan dan tidak sempurna justru bisa kita jadikan bahan evaluasi agar kita bia bekerja lebih baik ke depannya."

5. Karangan Persuasi

Karangan persuasi adalah karangan disajikan dengan tujuan untuk mempengaruhi, membujuk, atau mengajak si pembaca ke arah yang lebih baik.

Contoh:
"Mencari indekos murah dan nyaman di kota besar memang gampang-gampang susah. Butuh kejelian dan wawasan yang luas soal daerah di kota-kota besar demi mendapat indekos yang diidam-idamkan. Namun, Anda kini tak perlu khawatir, karena kini ada aplikasi Sewakos yang bisa membantu Anda untuk menemukan indekos yang murah dan nyaman di kota besar. Aplikasi ini bisa membantu Anda menemukan indekos murah dan nyaman tanpa perlu repot-repot survei langsung ke lokasi. Negosiasi dan pembayaran sewa pun juga praktis dengan menggunakan aplikasi ini. Sebab, Anda hanya perlu membayar lewat ATM dengan Sewakos sebagai perantaranya."

5 Contoh Singkat Jenis-Jenis Karangan Berdasarkan Cara Penyajiannya - Demikian 5 contoh jenis karangan untuk anda semua. Semoga bermanfaat, dan jika ada kesalahan dalam penulisan kata di atas kami minta maaf. Sekian dan terima kasih.