Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Tema Pendidikan di Indonesia

Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Tema Pendidikan di Indonesia - Pasca terjadinya suatu bencana tsunami Selat Sunda yang banyak memakan korban dan mengingat Indonesia juga negara yang rawan terkena bencana, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) akan memberikan kebijakan baru terhadap cara meminimalisir adanya banyak korban. Kebijakan tersebut yaitu memberikan dasar-dasar keterampilan hidup atau basic life skills di dunia pendidikan. Basic life skills tersebut ialah pendidikan mitigasi bencana. Dengan adanya hal itu, maka pemerintah harus menyiapkan 5 paket modul dengan ditambahkannya pendidikan mitigasi bencana di dunia pendidikan di Indonesia ini. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kelima modul tersebut tidak akan menjadi mata pelajaran khusus tetapi akan dilebur ke dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah.
Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Tema Pendidikan di Indonesia
Google Image - Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Tema Pendidikan di Indonesia
Berkaitan dengan hal diatas, disini kami akan memberikan contoh cerpen (cerita pendek) tema pendidikan di Indonesia. Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah cerita yang menceritakan sesuatu namun hanya bersifat fiktif (tidak kenyataan). Macam macam cerpen bahasa Indonesia ada banyak sekali contonya seperti cerpen pendidikan mengenai cita-citaku, cerpen persahabatan mengenai kisah persahabatan di masa SMA, cerpen cinta atau cerpen romantis mengenai cerpen cinta di SMA, dan lain sebagainya. Oke, langsung saja ya, kita simak uraian dibawah ini sahabat-sahabat pintar!


Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Tema Pendidikan di Indonesia


Berikut contoh cerpen (Cerita Pendek) tema pendidikan mengenai cita-cita seseorang!
 
Gapailah Cita-Citamu

      Namaku Rafi Yoanda, sekarang aku duduk dibangku kelas 3 SMA di salah satu sekolah negeri di Bangaka Belitung. Aku terlahir dari keluarga yang kurang mampu. Aku anak pertama dari 3 bersaudara. Ayahku bekerja sebagagai tukang sapu ditaman, sedangkan ibuku tidak bekerja dikarenakan mengurus adikku yang sedang sakit yang sudah lama dan adikku yang terakhir masih berumur 3 tahun.

      Waktu itu hari senin pukul 8.00 WIB, aku sedang melakukan aktivitas setiap hari senin yaitu upacara bendera. Pada saat upacara bendera sekolah kami kedatangan seorang motivator, ia ikut dalam acara uapacara. Setelah selesai upacara kami semua dimohon untuk tetap dalam barisan, karena ia akan memberikan kisah inspiratif untuk kami. Seorang tokoh inspirator tersebut bernama Aji Kusuma atau Cak Aji, untuk panggilan dekatnya ia menyuruh kami untuk memanggilnya Cak Aji. Cak Aji adalah lulusan dari sekolah kami, maka daripapa itu ia datang kesekolah kami. Niat Cak Aji datang kesekolah untuk memberi motivasi kepada adik-adiknya. Cak Aji bercerita kepada kami semua tentang kisah - kisah inspiratif kepada kami semua dan para guru juga ikut menyaksikan cerita dari anak didiknya masa dulu tersebut. Cak Aji adalah orang yang hebat kalau menututku, ia terlahir dari keluarga yang kurang mamapu ia bisa menjadi sang motivator dan ia juga masih menjalani pendidikan di Oxford University dengan tanpa biaya sedikitpun. Aku sangat kagum dan terinspirasi olehnya karena yang tadinya aku ingin menjadi seorang dokter kandas karena biaya yang sagat mahal, tapi setelah itu aku jadi semangat dan mencari jalan lain agar cita-citaku dapat terwujud. Alasanku untuk menjadi seorang dokter karena aku ingin membantu orang-orang sakit agar cepat sembuh secara gratis, contohnya saja adikku yang tak punya biaya untuk mengobati sakitnya sampai berbulan-bulan, sungguh miris bukan. Setelah itu aku belajar denga giat terus-menerus. Setiap pulang sekolah aku langsung belajar lagi mengulas materi-materi yang sudah diajarkan oleh bapak atau ibu guru saat disekolah. Saat hari mendekati Ujian Nasional, aku sangat tidak sabar untuk segera mengerjakan soal tersebut. Hari ujian nasional akhirnya aku dapat mengerjakan semua soalnya dan akupun mendapatkan nilai tertinggi se-kabupaten kota. Hal tersebut sangat membuat ibu dan bapak bangga terhadapku. Pihak sekolah memberikan aku uang senilai 5 juta rupiah dan penghargaan sebagai rasa terimakasih telah mengharumkan nama sekolah. Banyak sekali undangan beasiswa berdatangan kepadaku, namun aku tidak tertarik untuk mengambilnya, aku hanya akan mengikuti jejak Cak Aji yang bersekolah keluar negeri tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, hanya saja Cak Aji mengambil jurusan hubungan Internasional, aku ingin mengambil jurusan yang sudah aku cita- citakan sejak kecil. Lalu aku menghubungi Cak Aji untuk meminta arahannya agar bisa mendapatkan beasiswa sepertinya. Alhamdulilah berkat niat dan usaha yang kuat serta doa kedua orang tua, dan guru-guru setiap hari akhirnya aku lulus seleksi beasiswa kedokteran Universitas Oxford.

Baca Juga: Contoh Resensi Buku dan Cerpen

Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Tema Pendidikan di Indonesia - Itu tadi adalah contoh cerpen (cerita pendek) tema pendidikan di Indonesia. Semoga saja sabahat-sahabat dapat terbantu. Sampai jumpa diartikel-artikel kami selanjutnya. Sekian dan Terima kasih!