Contoh Jenis-Jenis Kalimat Majemuk dalam Bahasa Indonesia

Contoh Jenis-Jenis Kalimat Majemuk dalam Bahasa Indonesia - Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan hasil alamnya, baik di laut maupun di darat. Begitupun dengan budaya dan bahasanya memiliki bermacam-macam di dalamnya, ada bahasa Jawa, Sunda, Batak, dan masih banyak lagi. Dalam penggunaan bahasanya juga memiliki berbagai macam kalimat di dalamnya, baik itu kalimat tunggal, kalimat majemuk, kalimat perintah, dan lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi tentang kalimat majemuk dalam bahasa Indonesia yang semoga saja dapat membantu anda semua dalam memahami jenis-jenis kalimat majemuk dalam bahasa Indonesia.
Contoh Jenis-Jenis Kalimat Majemuk dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Contoh Jenis-Jenis Kalimat Majemuk dalam Bahasa Indonesia
Jika di pembahasan contoh kalimat tunggal yang sudah kita bahas sebelumnya, di dalamnya hanya memiliki satu klausa, sebaliknya dalam kalimat majemuk memiliki lebih dari satu klausa. Klausa tersebut dihubungkan oleh konjungsi atau kata penghubung sehingga menjadikan kedua klausa tersebut sebagai kalimat utuh yaitu memiliki makna yang lengkap.Untuk mengetahui apa saja jenis jenis pada kalimat majemuk, mari kita simak pemaparannya berikut ini.


Contoh Jenis-Jenis Kalimat Majemuk dalam Bahasa Indonesia

 

A. Kalimat Majemuk


Kalimat majemuk adalah suatu kalimat yang di dalamnya terdapat lebih dari satu klausa. Adapun ciri ciri kalimat majemuk yaitu biasanya terdapat kata hubung (konjungsi) di dalamnya yang fungsinya untuk menghubungkan satu kalimat ke kalimat selanjutnya. Kata hubung yang biasanya digunakan seperti tetapi, kemudian, oleh sebab itu, dan masih banyak lagi. Dalam pemaparan pengertian kalimat majemuk berarti kalimat ini bisa saja terdapat dua, tiga, bahkan bisa lebih sebuah kalimat. Seperti yang kita ketahui bahwa pola satu kalimat terdiri dari S-P-O (Subjek, Predikat, dan Objek). Adapun contoh jenis-jenis kalimat majemuk terbagi menjadi tiga jenis, berikut penjelasan beserta contohnya.
 


Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang di dalamnya terdapat dua klausa yang setara atau sederajat kedudukannya. Pada kalimat majemuk setara biasanya menggunakan konjungsi / kata hubung lalu, dan, kemudian, tetapi, atau, dan bahkan.

Contoh:

- Ani memasak nasi goreng dan adiknya menyiram tanaman di depan rumah.
                  Klausa 1            Konj                             Klausa 2

Pada contoh kalimat majemuk setara di atas memiliki dua klausa, yang pertama yaitu: Ani memasak nasi goreng, kemudian klausa kedua yaitu: adiknya menyiram tanaman di depan rumah. Kedua klausa tersebut dihubungkan dengan kata hubung (konjungsi) berupa: dan.

- Pak Rahmad mencangkul di sawah pada pagi hari lalu pada siang hari ia pulang kerumah 
                               Klausa 1                                      Konj                            Klausa 2
untuk beristirahat

Pada contoh kalimat majemuk setara di atas memiliki dua klausa, yang pertama yaitu: Pak Rahmad mencangkul di sawah pada pagi hari, kemudian klausa yang kedua yaitu: Pada siang hari ia pulang untuk beristirahat. Kedua klausa tersebut  dihubungkan dengan kata hubung (konjungsi) berupa: lalu.



Kalimat majemuk bertingkat adalah jenis kalimat majemuk yang pada salah satu klausanya bertindak sebagai induk kalimat. Sedangkan klausa lainnya sebagai anak kalimat. Pada kalimat ini umumnya menggunakan konjungsi ketika, jika, walaupun, bagaikan, sebab, dengan, dan sehingga. Adapun contoh jenis jenis kalimat majemuk bertingkat yaitu sebagai berikut:

- Boy band Suju (Super Junior) bernyanyi di Indonesia, sebab ia diundang oleh salah satu stasiun televisi.
         Klausa 1 (Induk kalimat)                         Konj                 Klausa 2 (Anak kalimat)

Pada contoh kalimat majemuk bertingkat di atas memiliki dua klausa yaitu klausa 1 (induk kalimat) dan klausa 2 (anak kalimat). Klausa 1 yaitu: Girl band Blackpink bernyanyi di Indonesia, lalu klausa yang ke 2 yaitu: ia diundang oleh salah satu stasiun televisi. Kedua klausa tersebut menggunakan konjungi sebab.

- Akhir tahun 2018 ayah mengajaku ke pantai, jika ia sudah pulang kerumah.
                       Klausa 1                            Konj          Klausa 2

Pada contoh kalimat majemuk bertingkat di atas memiliki dua klausa yaitu klausa 1 dan 2. Klausa 1 yaitu: Akhir tahun 2018 ayah mengajaku ke pantai, lalu klausa ke 2 yaitu: ia sudah pulang kerumah. Kedua klausa tersebut menggunakan kata hubung atau konjungsi berupa jika.


Kalimat majemuk campuran adalah kalimat yang merupakan gabungan dari kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk setara. Umumnya pada kalimat ini terdapat lebih dari dua klausa.

Contoh:

- Ayah baru saja pulang dari kantor ketika ibu menyiapkan makanan dan malam telah tiba.
           Klausa 1 (Induk kalimat)       Konj  Klausa 2 (Induk kalimat)  Konj  Klausa 3 (Anak kalimat)

- Gisela menggoreng telur dan Susi membuat sambal ketika jam makan siang tiba.
               Klausa 1              Konj        Klausa 2             Konj          Klausa 3


Contoh Jenis-Jenis Kalimat Majemuk dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa contohnya untuk anda semua. Semoga bisa membantu dalam memahami terkait materi kali ini. Terima kasih dan selamat malam.