Contoh Kalimat Berita dan Opini dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan

Contoh Kalimat Berita dan Opini dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan - Kalian pasti sering menonton atau mendengar berita bukan, baik di televisi, radio, media sosial, dan koran. Di dalam suatu acara berita pastilah memaparkan suatu kejadian atau peristiwa yang sudah atau telah terjadi. Misalnya, berita akan di adakannya pemilu serentak pada 2019 yang akan datang. Di dalam berita tersebut menjelaskan beberapa calon yang akan mendaftarkan. Para calon memaparkan visi dan misinya untuk kedepan, tentunya visi dan misi yang akan membuat daerah tersebut akan menjadi lebih baik lagi dari dari sebelumnya, dengan menyakinkan para masyarakat agar memilihnya. Visi dan misi merupakan sebuah rencana berarti belum terlaksana bukan, bisa dikatakan hal tersebut juga termasuk sebuah harapan, jadi dapat kita sebut juga dengan kalimat opini. Kita sebagai masyarakat yang cerdas haruslah cerdas untuk menentukan hak pilihnya demi terwujudnya apa yang masyarakat inginkan, dan ingat, jangan golput ya! karena satu suara akan menentukan masa depan negara kita.
Contoh Kalimat Berita dan Opini dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan
Google Image - Contoh Kalimat Berita dan Opini dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan
Kalimat berita adalah kalimat yang memberikan atau memaparkan sebuah kejadian atau peristiwa. Arti Kalimat berita adalah kalimat yang isinya mengungkapkan peristiwa atau kejadian. Dalam kalimat berita ini sang pembawa berita menggunakan intonasi yang sesuai dengan pembawaan berita pada umumnya untuk membedakan kalimat berita dengan kalimat lain. Sedangkan opini adalah suatu ungkapan yang belum benar adanya, sebuah rencana yang baru direncanakan, sebuah harapan, bisanya menggunakan kata-kata seperti: "menurut saya", "sepertinya", "harapan saya", dan lain sebagainya. Berikut akan kami tampilkan beberapa contohnya terkait kalimat berita dan kalimat opini beserta penjelasannya.


Contoh Kalimat Berita dan Opini dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan

 

Contoh Kalimat Berita beserta penjelasannya


1. Ada 181 penumpang jatuhnya peswat JT 610, namun baru 6 keluarga yang mendapatkan uang santunan.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat berita di atas menjelaskan bahwa dari sekian bayaknya korban pesawat Lion Air JT 610, ternyata baru 6 keluaga yang mendapatkan uang santunnan. Padahal pihak Lion Air sudah bernaji akan akan memberikan uang santunan kepada semua korban.
 
2. Prabowo: Indonesia sekarang berada di persimpangan jalan.

Penjelasan:
Menjelang akan dilaksanakannya pemilu 2019 yang akan datang, pasangan calon presiden dan wakit presiden (Prabowo-Sandi) kritisi soal kesejahteraan rakyat, dan meminta agar pemerintah agar lebih memperhatikan rakyatnya dalam pidatonya.

3. Setelah Asian Para Games, pemerintah Indonesia harus prioritaskan hak orang difabel.

Penjelasan:
Indonesia telah sukses menyelenggarakan ajang kompetsi untuk para difabel di Asia. Atlet-atlet Indonesia berhasil melampaui target perolehan mendali. Untuk itu pemerintah harus memprioritaskan hak orang difabel dengan membuat sekolah yang inklusif, sehingga tidak menghalangi orang disabilitas untuk menjalani jenjang kehidupan agar mendapat kemajuan.

4. Mendikbud: Sekarang Indonesia rangking pertama di kejuaraan keahlian Asia.

Penjelasan:
Rangking pertamanya Indonesia dalam kejuaraan keahlian Asia (Wordskill/ WSA) tahun 2018 ini di buktikan dengan tim Indonesia yang berhasil mendapatkan enam emas dan tiga perak yang di selenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

5. Indonesia punya peluang besar dalam ekonomi digital.

Penjelasan:
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail, mengatakan total populasi Indonesia sebesar 265,4 juta dengan sekira 50 persennya atau 132,7 juta sebagai pengguna internet, memberikan dukungan besar untuk membuat Indonesia menjadi tempat menjanjikan bagi ekonimi digital, sehingga membuat Indonesia mempunyai peluang besar.

 

Contoh Kalimat Opini beserta penjelasannya


1. Saya rasa menjelang akhir taun 2018 akan mengalami pelonjakan pengunjung di berbagai tepat wisata.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat opini di atas merupakan sebuah opini berupa perkiraan atau dugaan bahwa di Akhir tahun tempat-tempat wisata pasti mengalami pelonjakan pengunjung. 

2. Sepertinya kamu akan mendapatkan rangking 1 lagi Budi.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat opini di atas merupakan sebuah opini yang memperkirakan atau mendugga bahwa Budi akan mendapatkan rangking 1 lagi.

3. Saya berharap rencanamu untuk pergi liburan ke Bali akan berjalan dengan lancar.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat opini di atas merupakan sebuah opini harapan, yang mendoakan rencananya pergi berlibur ke Bali akan berjalan dengan lancar.

4. Andaikan saja hari ini tidak hujan, pasti aku sudah datang kerumahmu.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat opini di atas merupakan sebuah opini andaian seseorang menyayangkan kenapa hari ini hujan, sehingga membuat ia tidak bisa datang kerumah temannya.

5. Makanan itu sepertinya enak sekali.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat opini di atas merupakan sebuah opini yang menganggap makanan yang dilihatnya itu sangat enaak sekali.


Contoh Kalimat Berita dan Opini dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan - Demikian beberapa contohnya untuk anda dan semga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan selamat belajar.