Contoh Kalimat Berpredikat Verba Transitif dan Intransitif

Contoh Kalimat Berpredikat Verba Transitif dan Intransitif - Setelah kita belajar mengenai pengertian dan contoh kalimat verbal dan contoh kalimat verba aktif, sekarang kita akan belajar mengenai contoh kalimat berpredikat verba transitif dan intransitif. Seperti yang sudah kita ketahui, selain di dalam pelajaran bahasa Inggris, di pelajaran bahasa Indonesia juga terdapat suatu pola di dalam kalimatnya yaitu pola S-P-O (Subjek, Predikat, dan Objek). Subjek menerangkan sebagai orang atau benda, lalu predikat/verba sebagai kata kerja, kemudian objek sebagai kata yang menerima dampak dari perbuatan subjek. 
Contoh Kalimat Berpredikat Verba Transitif dan Intransitif
Google Image - Contoh Kalimat Berpredikat Verba Transitif dan Intransitif
Verba atau kata kerja merupakan sebuah kata yang menerangkan suatu perbuatan atau kegiatan. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa kata verba biasanya lazim dipakai sebagai unsur predikat. Dua diantara jenis-jenis kata ini adalah verba transitif dan intransitif. Verba transitif merupakan verba yang harus didampingi unsur objek saat verba ini dijadikan predikat. Sementara itu, verba intransitif merupakan verba yang diikuti oleh unsur pelengkap atau keterangan saat dipakai sebagai predikat. Untuk mengetahui beberapa contoh dari dua jenis kata ini, mari kita simak bersama berikut ini.


Contoh Kalimat Berpredikat Verba Transitif dan Intransitif

Contoh Kalimat Berpedikat Verba Transitif


1. Dia menjajakan barang dagangannya di pasar dekat terminal itu.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata menjajakan sebagai predikat verba transitif, sedangkan kata barang dagangannya sebagai objek yang menyertai predikat. 

2. Dimas menjual jam tangan miliknya di sebuah situs jual-beli daring.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata menjual sebagai predikat verba transitif, sedangkan kata jam tangan miliknya sebagi objek predikatnya.

3. Kucing itu menangkap seekor tikus.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata menangkap sebagai predikat verba transitifnya, sedangkan kata seekor tikus sebagai objek predikatnya.

4. Fajar mendapatkan buku itu dari seorang kawannya yang ada di Lampung.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata mendapatkan sebagai predikat yang merupakan verba transitif, sedangkan kata buku itu sebagai objek predikatnya.

5. Dia menghabiskan dua piring nasi goreng itu sendirian.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata menghabiskan sebagai predikat verba transitifnya, sedangkan kata dua piring nasi goreng itu sebagai objek predikatnya.

6. Paman memperbaiki mobilnya itu di garasi rumahnya sendiri.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata memperbaiki sebagai predikat verba transitifnya, sedangkan kata mobilnya itu sebagai objek predikatnya.

7. Bu Ikoh menggadaikan emas-emasnya ke pegadaian.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata menggadaikan sebagai predikat verba transitif, sedangkan kata emas-emasnya sebagai objek predikatnya.

8. Gading mempunyai sebuah sepeda baru di garasinya.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata mempunyai sebagai predikat verba transitif, sedangkan objek predikatnya yaitu sebuah sepeda baru.

9. Ibu memberiku sebuah buku saat di rumah. 

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata memberiku sebagai predikat verba transitif, sedangkan kata sebuah buku sebagai objek predikatnya.

10. Orang itu menyuap ayahku dengan uang saat di pengadilan.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba transitif di atas, kata menyuap sebagai predikat verba transitif, sedangkan kata uang sebagai objek predikatnya. 

Contoh Kalimat Berpredikat Verba Intransitif


1. Anak-anak itu bermain sepak bola di tanah lapang tersebut.
    
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata bermain sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata sepak bola sebagai unsur kalimat pelengkap.

2. Tubuhnya bermandikan keringat setelah bekerja seharian.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata bermandikan sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata keringat sebagai unsur kalimat pelengkapnya. 

3. Hidungnya bercucuran darah akibat dipukul oleh seseorang yang tidak dikenal.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata bercucuran sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata darah sebagai unsur kalimat pelengkapnya.

4. Anak itu tertabrak sebuah sepeda motor saat hendak menyeberang.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata tertabrak sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata sebuah sepeda motor sebagai unsur kalimat pelengkapnya.

5. Burung-burung itu bersahut-sahutan di dahan pohon itu.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata bersahut-sahutan sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata di dahan pohon itu sebagai unsur kalimat keterangan tempatnya.

6. Mobil itu tertabrak oleh sebuah mobil truk.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata tertabrak sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata oleh sebuah mobil truk sebagai unsur kalimat keterangannya.

7. Penyanyi itu bernyanyi dengan penuh penghayatan.
Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata bernyanyi sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata dengan penuh penghayatan sebagai unsur kalimat keterangannya.

8. Pekerja trans Papua itu tertembak oleh anggota KKSB (Kelompok Kriminal Seperatis Bersenjata)

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata tertembak sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata anggota KKSB sebagai unsur kalimat keterangannya.

9. Rahmad bersiap-siap untuk pergi kesekolah.

Penjelasan
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata bersiap-siap sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata pergi sekolah sebagai unsur kalimat keterangannya.

10. Jokowi resmikan proyek tol Aceh pada jumat kemarin.

Penjelasan 
Pada contoh kalimat berpredikat verba intransitif di atas, kata resmikan sebagai predikat verba intransitifnya, sedangkan kata jumat kemarin sebagai unsur kalimat keterangan waktu.


Contoh Kalimat Berpredikat Verba Transitif dan Intransitif - Demikian beberapa contoh kalimat berpredikat verba transitif dan intransitif untuk anda, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Jika anda ingin membaca artikel terkait contoh kalimat lainnya kunjungi saja www.kamusbahasaindonesiaku.com. Selamat belajar.