Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasannya

Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasannya - Setelah kita belajar mengenai kalimat tanggapan, sekarang kita akan belajar mengenai contoh kalimat perintah dan tanggapan beserta penjelasannya. Seperti yang sudah kita ketahui di artikel sebelumnya,  bahwa contoh kalimat sangat bemacam-macam dari berbagai jenis kalimat dalam bahasa Indonesia, contohnya seperti kalimat perintah dan tanggapan yang akan kita bahas kali ini. Kalimat merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk berlangsungnya sebuah kehidupan manusia. Maka dari itu, kita harus mempelajarinya dengan baik dan benar karena baru-baru ini banyak bermunculan masalah yang di timbukan dari sebuah kalimat itu sendiri. Contohnya yaitu menjelang akan dilaksanakannya pemilu pada tahun 2019 yang akan datang, banyak sekali berita-berita bohong atau hoax yang bermunculan terkait calon-calon yang akan maju mencalonkan dirinya sendiri baik di media sosial ataupun berita yang muncul dari mulut kemulut di masyarakat yang memunculkan perpecahan di negeri ini. 
Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasannya
Google Image - Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasannya
Kalimat perintah dan tanggapan merupakan jenis-jenis dari kalimat dalam bahasa Indonesia. Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta atau memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu. Arti Kalimat perintah adalah kalimat yang isinya menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki. Kalimat perintah jika dilisankan berintonasi naik di awal dan berintonasi rendah di akhir. Sementera itu, kalimat tanggapan adalah suatu kalimat yang berisi suatu komentar. Kalimat tanggapan bertujuan untuk memberikan saran, baik pro/menerima atau kontra/menolak atas sesuatu hal, misalnya kebijakan pemerintah menaikan BBM pada tahun 2018 ini, kita dapat melihat bahwa beberapa masyarakat beranggapan kontra akan hal itu, karena akan menyusahkan masyarakat yang miskin. Oke teman, kita kita langsung saja ya berikut contoh kalimat perintah, tanggapannya beserta penjelasan.


Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasannya

Beberapa contoh kalimat perintah, tanggapan beserta penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Nak, tolong belikan ibu garam di warung Bu Ida!
  • Jika seorang anak mendengar kalimat perintah ini, maka si anak tersebut pasti akan langsung bergegas pergi ke warung membeli garam yang telah disebutkan oleh ibuya tadi.
Penjelasan:
Sudah dijelaskan dalam kitab umat islam (Al-Qur'an) bahwa setiap apa yang orang tua kita minta atau suruh selagi itu baik, maka kita tidak boleh menolaknya atau membantahnya. Kita sebagai seorang anak harus berbakti kepada orang tua yaitu dengan patuh kepadanya, karena orang tualah yang sudah rela mati-matian untuk menghidupi seorang anak, apalagi dengan pengorbanan seorang ibu.

2. Tolong jangan kau beritahu siapa pun soal apa yang telah kuceritakan padamu tadi!
  • Ketika seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka orang tersebut akan berusaha untuk tidak menceritakan kepada siapa pun soal apa yang telah diceritakan si pemberi kalimat perintah kepadanya.
Penjelasan:
Sifat buruk seseorang memanglah ada, misalnya tidak bisa menjaga rahasia atau ember kalau bahasa gaulnya. Maka memang penting untuk kita agar mengingatkan atau memerintah orang yang sudah mengetahui rahasia kita melalui apa yang sudah kita ceritakan kepada orang tersebut agar tidak memberitahu kepada siapa-siapa.

3. Para tamu undangan yang terhormat, kami persilakan untuk mencicipi hidangan yang telah kami sediakan di sebelah timur gedung ini!
  • Ketika orang-orang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan langsung ke area gedung yang tersedia hidangan yang dimaksud.
Penjelasan:
Tamu adalah raja, maka ketika ada tamu yang datang perlakukankanlah sebagai raja.
 
4. Bagi para pembeli tiket, kami persilakan untuk mengantre di depan loket yang telah kami sediakan!
  • Ketika orang-orang (terutama yang hendak membeli tiket) mendengar ujaran kalimat perintah di atas, maka mereka pun akan mengantre di depan loket yang dimaksud.
Penjelasan:
Kebiasaan buruk yang dimiliki oleh beberapa manusia yaitu seperti tidak sabar atau asal serobot. Maka penting untuk selalu sabar untuk mengantri sesuatu.

5. Kepada bapak/ibu yang mempunyai waktu luang, kami mohon untuk hadir pada kegiatan rapat antarwarga yang akan diselenggarakan nanti malam di balai kelurahan!
  • Ketika bapak/ibu yang mempunyai waktu luang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan langsung menghadiri kegiatan yang dimaksud.
Penjelasan:
Setiap manusia pasti memiliki kesibukan sendiri-sendiri baik sibuk bekerja atau sibuk dengan kegiatan lain. Maka, pada contoh kalimat perintah di atas mengingatkan atau memerintahkan kita dalam suatu informasi yaitu jika memiliki waktu luang harap dapat mengikuti acara di balai kelurahan nanti malam.

6. Tolong kau sampaikan salamku jika kau bertemu dengannya!
  • Saat seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka seseorang tersebut akan menyampaikan salam kepada orang yang dimaksud pada kalimat perintah di atas.
Penjelasan:
Pada contoh kalimat perintah di atas merupakan sebuah kalimat perintah yang meminta tolong untuk menyampaikan salam untuk seseorang dan jika orang yang dititipkan salam tersebut bertemu dengan orang yang dimaksud oleh seseorang yang memberi perintah.
 
7. Isilah soal-soal di bawah ini dengan baik dan benar, dimulai dari soal yang termudah!
  • Saat seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka orang tersebut akan berusaha mengisi soal-soal yang dimaksud dengan baik dan benar, dimulai dari soal yang menurutnya mudah.
Penjelasan:
Untuk mengerjakan soal yang banyak dan hanya mendapatkan waktu yang terbatas, maka pada contoh kalimat perintah di atas memberikan peritah berupa tips agar mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.
 
8. Sebutkan jenis-jenis hewan mamalia yang kamu ketahui, minimal 5 jenis hewan!
  • Ketika orang-orang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan berusaha menyebut minimal lima jenis hewan mamalia yang mereka ketahui.
Penjelasan:
Pada contoh kalimat perintah di atas merupakan kalimat perintah yang terdapat pada soal-soal. Kalimat perintah tersebut meminta agar penjawab menyebutkan jenis dari hewan-hewan mamalia yang penjawab ketahui.

9. Simpanlah barang ini baik-baik, siapa tahu nanti kau akan sangat membutuhkannya!
  • Ketika seseorang mendengar kalimat di atas, maka dia akan berusaha menjaga barang yang dimaksud dengan baik-baik.
Penjelasan:
Pada contoh kalimat perintah di atas merupakan kalimat perintah yang menyuruh agar menyipan barang ini dengan baik-baik yang bertujuan jika membutuhkannya lagi tidak perlu bersusah-susah payah untuk mencarinya lagi.
 
10. Eh, Pak Joko. Mari pak, silakan masuk ke dalam (rumah kami)!
  • Ketika Pak Joko mendengar kalimat di atas, maka dia akan masuk ke dalam rumah orang yang menyampaikan kalimat perintah tersebut.
Penjelasan:
Pada contoh kalimat perintah di atas merupakan suatu kalimat perintah yang mempersilah seorang tamu yang bernama pak Joko untuk masuk ke dalam rumah.


Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasannya - Demikian beberapa contoh kalimat perintah, tanggapan beserta penjelasannya untuk kalian semua. Semoga bermanfaat untuk mengerjakan tugas atau pr yang diberikan oleh bapak atau ibu guru di sekolah. Terima kasih dan selamat belajar!