Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan - Pendidikan merupakan salah satu kunci untuk membentuk karakter suatu bangsa, karena nasib dan masa depan suatu bangsa terletak pada pendidikannya. Dengan pendidikan, sumber daya manusia (SDM) akan lebih berkualitas. Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas perlu menumbuhkan kesadaran kolektif tentang pentingnya pendidikan itu sendiri. Peran seorang guru dan anak-anak muda yang terdidik merupakan faktor yang terpenting. Sebab seorang guru berperan sebagai kontribusi terhadap masa depan generasi penerus, sedangkan anak-anak muda yang terdidik yang akan menjalankannya. Selain itu, pendidikan juga dapat memperkuat kompetensi dan menumbuhkan kecintaan atau kebanggaan menjadi bangsa Indonesia, sehingga ia mampu bersaing menghadapi era digital.
Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan
Google Image - Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan
Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan dalam pembuatan suatu paragraf yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Adapun jenis paragraf eksposisi terbagi dari berbagai macam, salah satunya yaitu paragraf eksposisi definisi. Paragraf eksposisi definisi ini berbeda dengan apa yang diterangkan dalam teks eksposisi perbandingan yang sudah kita bahas sebelumnya ya teman. Jika pada paragraf perbandingan berisi suatu perbandingan mengenai suatu hal, tetapi pada paragraf eksposisi definisi ini merupakan jenis paragraf yang berisi definisi atau pengertian mengenai suatu hal. Bukan hanya definisi atau pengertian topik saja, melainkan juga berisi semua hal yang berkaitan dengan topik sehingga pembaca mendapatkan suatu informasi yang jelas. Adapun contohnya seperti yang akan kita pelajari kali ini yaitu contoh paragraf eksposisi definisi tentang pendidikan. Langsung saja ya, berikut contohnya di bawah ini.


Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan


Pendidikan


Menurut laman wikipedia.org, secara etimologi, pendidikan berasal dari bahasa Latin yaitu “e” yang berarti keluar dan “ducare” yang berarti menuntun, mengarahkan, atau memimpin. Jadi, pendidikan diartikan sebagai kegiatan menuntun ataupun mengarahkan untuk keluar. Sementara itu, menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dimaksud dengan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Definisi pendidikan lainnya adalah definisi yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, yang menyatakan bahwa pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan juga dimaknai sebagai proses, cara, ataupun perbuatan mendidik. Adapun tujuan pendidikan adalah meningkatkan pengetahuan seseorang mengenai sesuatu hal, sehingga menguasainya. Tujuan pendidikan dapat tercapai jika proses pembelajaran berlangsung secara komunikatif. Dalam artian, jika proses pembelajaran tidak komunikatif maka tujuan pendidikan tidak akan tercapai.

Baca Juga: Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi tentang Kesehatan, Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi, & 4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat.

Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan - Itulah beberapa contoh paragraf eksposisi definisi tentang pendidikan untuk teman-teman sekalian. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.