Contoh Pidato Kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA

Contoh Pidato Kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA - Menjelang akan diadakannya pilpres pada tanggal 17 april 2019 yang akan datang. Calon presiden dan calon wakil presiden mengadakan kampanye keberbagai daerah di Indonesia untuk menyampaikan visi dan misinya. Hal ini dilakukan oleh pasangan capres nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto. Saat berpidato bersama dengan para pengusaha Tionghoa, ia menjanjikan bahwa ia tidak akan membedakan warga negara berdasarkan latar belakang suku, agama, ras, dan kelompok etnis. Ia menjanjikan itu karena ingin mewujudkan keinginan masyarakat yang ingin hidup rukun dalam suasana adil dan beradab. Nah teman-teman semoga saja dalam pidato beliau tersebut dapat terealisasikan ya, dan bukan hanya sekedar janji semata jika ia terpilih. Siapa sih yang tidak mau hidup rukun, pasti semua mau kan ya. Kerukunan membuat hidup kita menjadi damai dan tidak mudah menjadi pecah belah. Hal tersebut sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. 
Contoh Pidato Kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA
Google Image - Contoh Pidato Kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA
Sehubungan dengan hal diatas, disini kami akan memerikan contoh pidato kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA untuk teman-teman semua. Oh iya, sebelum kita mengetahui contohnya, kita juga perlu mengetahui nih pengertian dari pidato, pidato adalah sebuah kegiatan untuk menyampaikan aspirasi atau pendapat didepan orang banyak atau publik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pidato itu digunakan untuk menyampaikan sesuatu hal ke publik, misalnya saja pidato yang digunakan saat acara perpisahan kelulusan, pidato perpisahan kelas, dll. Dalam penyampaian sebuah pidato baik kelas 6 SD, 9 SMP, maupun 12 SMA, semuanya sama saja, hanya saja kita dapat menyesuaikan pidato tersebut untuk pidato pada acara kelas berapa. Untuk itu, disini saya hanya memberikan satu contoh pidato di bawah ini.


Contoh Pidato Kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA


Berikut adalah contoh pidato untuk kelas 6 SD, kelas 9 SMP, maupun kelas 12 SMA!

Contoh pidato perpisahan:

Assalamualaikum Wr, Wb. 

Yang terhormat Bapak/Ibu ......
Yang terhormat Bapak/ibu guru, dan staf-staf ....
Yang terhormat Bapak & ibu wali murid
Serta teman - teman yang berbahagia

Petama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan berkah, rahmat, dan hidayahnya, sehingga, kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Kedua kalinya shalawat serta salam kita sanjung agungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang-benderang. 

Hadirin yang berbahagia, 
Pada kesempatan kali ini saya mewakili teman-teman (kelas 6 SD, kelas 9 SMP, atau kelas 9 SMA) akan membawakan pidato perpisahan. 

Guru adalah suatu profesi yang sangat mulia. Engkau rela berangkat pagi bahkan pulang sore, hanya karena untuk membimbing kami di sekolah. Engkau juga tak pernah lelah dan selalu sabar mengajari dengan ikhlas dan memberikan ilmu kepada kami tanpa menghitung sudah berapa banyak ilmu yang sudah engkau berikan untuk kami. Dengan penuh kasih sayang, mendukung, mendorong serta selalu memberi motivasi kami setiap hari, agar kami bisa mencapai cita-cita yang kami impikan dan agar kelak berguna juga bagi bangsa dan negara. Kami sering membuat engkau marah ataupun kesal tetapi enggkau dengan lembut selalu menasehati kami. Perjuangan engkau untuk mendidik dan membimbing kami tanpa pamrih telah menyadarkan kami bahwa bapak dan ibu guru-lah yang merupakan pahlawan bangsa tanpa tanda jasa.

Hari ini, saya mewakili teman-teman (kelas 6 SD, kelas 9 SMP atau kelas 12 SMA) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu guru yang telah mendidik dan membimbing kami dengan penuh kesabaran. Mungkin kami telah banyak membuat kesalahan secara sengaja maupun tidak sengaja tetapi bapak dan ibu guru masih mendidik dan membimbing kami dengan sabar. Atas bimbingan Bapak dan ibu guru, kami menjadi siswa yang lebih baik dalam bidang perilaku maupun pelajaran. Bapak dan ibu guru sudah menjadi orang tua kami di sekolah, yang dengan tulus dan ikhlas mengajari kami.
Mudah-mudahan semua bapak dan ibu guru selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. dan tak lupa juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya untuk berpisah dengan kalian semua, semoga kalian dapat di terima disekolah-sekolah yang kalian impikan selama ini.

Demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata dalam berpidato. Terimakasih atas perhatiannya. 

Saya akhiri Wassalamualakum Wr, Wb. 


Contoh Pidato Kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA - Demikian contoh pidato untuk teman-teman sekalian. Semoga dapat menjadi refrensi kalian semua dalam membuat teks pidato. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, dan selamat belajar!