Contoh Surat Keterangan Sudah Mengikuti Ujian Nasional

Contoh Surat Keterangan Sudah Mengikuti Ujian Nasional - Hai teman - teman, jumpa lagi dengan kami. Jika kita berbicara mengenai Ujian Nasional pada tahun 2018 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengganti Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional (SKLUN) dengan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN). Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional (SKLUN) dikeluarkan sekolah berisi nilai dan pernyataan tentang akademik siswa dan juga tidak lagi membutuhkan cap tanda tangan basah. SHUN akan menggunakan bar code atau kode batang sebagai tanda digital (digital signature). Barcode pada SHUN berfungsi untuk mengidentifikasi dan melacak keaslian yang sudah ter data dalam sistem milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghindari surat keterangan hasil ujian palsu yang sudah marak dilakukan oleh pihak nakal yang ingin meraih untung banyak.
Contoh Surat Keterangan Sudah Mengikuti Ujian Nasional
Google Image - Contoh Surat Keterangan Sudah Mengikuti Ujian Nasional
Terkait dengan hal tersebut, maka kali ini kami akan memberikan contoh surat keterangan yang akan menerangkan bahwa anda sudah mengikuti ujian nasional. Adapun hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat surat keterangan yang pertama yaitu tujuan. Pada zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, sudah sangat banyak sekali tuntutan yang harus kita jalani, seperti sekolah, bekerja dan tak jarang juga sekolah sambil bekerja sehingga ia mau tidak mau harus menjalaninya dan juga harus membuat surat keterangan kerja untuk kuliah agar sekolah mampu dimaklumi bahwa ia sekolah sambil bekerja dan masih banyak lagi tujuan dari surat keterangan. Beberapa contoh surat keterangan seperti: contoh surat keterangan biasa, contoh surat keterangan resmi, contoh surat keterangan dinas, contoh surat keterangan sekolah dan masih banyak lagi ya teman - teman. Macam - macam surat keterangan seperti surat keterangan kerja, surat keterangan sekolah, surat keterangan kehilangan dan lainnya. Langsung saja yuk, berikut di bawah ini adalah contoh surat keterangan sudah mengikuti ujian nasional!

Contoh Surat Keterangan Sudah Mengikuti Ujian Nasional Terbaru


Surat keterangan sudah mengikuti ujian nasional

Surat keterangan sudah mengikuti ujian nasional adalah surat di mana sekolah telah mengakui atau benar adanya bahwa yang diberi pernyataan tersebut merupakan benar telah atau sudah mengikuti ujian nasional di sekolah tersebut dengan persetujuan dari kepala sekolahnya. Tujuan dari surat keterangan sudah atau telah mengikuti ujian nasional biasanya dipergunakan untuk persyaratan masuk TNI dan berbagai macam profesi lainnya. Untuk menujukan bahwa ia telah atau sudah mengikuti ujian nasional pada masa sekarang tidak cukup hanya menunjukkan surat ujian nasional tetapi juga harus mengikut sertakan surat keterangan sudah atau telah mengikuti ujian nasional.

Pada dasarnya isi pokok surat keterangan adalah sebagai berikut:
  •  Data pribadi pihak yang menerangkan
  • Data pribadi pihak yang diterangkan,
  • Isi keterangan,
  • Tujuan keterangan tersebut dikeluarkan,
  • Penutup, umumnya berisi imbauan atau harapan agar pihak ketiga maklum.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat keterangan, yang pertama yaitu obyek yang diterangkan dalam surat keterangan adalah pihak kedua (yang meminta) yang merupakan pihak yang menjadi anggota sebuah komunitas. Mungkin komunitas sekolah, badan usaha, lembaga, atau instansi yang dimintai surat keterangan. Yang kedua yaitu sifat keterangan dalam surat keterangan adalah tidak rahasia karena surat tersebut diminta sendiri oleh dan diberikan kepada yang bersangkutan, sehingga yang bersangkutan dapat membaca dan mengetahui isinya, dan yang terakhir yaitu isi keterangan tentang keadaan seseorang atau sesuatu, dan biasanya hanya disebutkan hal-hal yang umum saja. Jadi dalam surat keterangan biasanya tidak disebutkan kebaikan atau keburukan sesuatu yang diterangkan. Bedakan dengan rekomendasi dan referensi.

Berikut dibawah ini contoh surat keterangan sudah mengikuti Ujian Nasional!

SURAT KETERANGAN
Nomor : 444/1/SMA.1.LPG/2018

    Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jakarta Selatan, menerangkan bahwa:

        Nama                                         : Hafid Alfi Sani
        Tempat / Tgl Lahir                    : Jakarta Selatan, 15 April 2005
        Nomor Induk Siswa Nasional   : 908811451
        Jenis Kelamin                           : Laki-Laki
        Kelas                                         : IX ( sembilan )
        Nomor Peserta Ujian Nasional : 320 55 777

    Yang namanya tersebut di atas benar siswa SMP Negeri 1 Jakarta Selatan, Benar telah mengikuti Ujian Nasional tanggal 2 s/d 7 April 2018 dan Ujian Akhir Sekolah Tanggal 29 April s/d 5 Mei 2018 Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

    Demikian Surat Keterangan ini kami perbuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.

                                                                                                       Jakarta Selatan, 20 Juni 2018
                                                                                                       Kepala Sekolah


                                                                                                       Ari Subekti, M.Pd
                                                                                                       NIP. 197787749854324


Contoh Surat Keterangan Sudah Mengikuti Ujian Nasional - Itulah contoh surat keterangan sudah mengikuti Ujian Nasional. Nama, tempat, dan lainnya yang ada di atas merupakan contoh dan tidak benar adanya. Selamat belajar teman-teman. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih.