Contoh Paragraf Persuasi yang Singkat dan Menarik Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Persuasi yang Singkat dan Menarik - Sejak usia dini seorang anak harus dibimbing dan selalu didampingi oleh kedua orang tuanya. Karena orang tua sangat berperan penting terhadap pertumbuhan seorang anak. Akan seperti apakah kelak anak menginjak usia dewasa itu tergantung bagaimana didikan yang diberikan oleh orang tua. Semakin berkembangnya zaman seperti saat ini banyak sekali anak yang diomong oleh teknologi dan ini adalah kesalahan besar, kenapa? karena karakter anak akan menjadi negatif terhadap orang tuanya, misalnya seperti melawan orang tua yang disebabkan oleh kurangnya kedekatan emosional antara anak dan orang tua. Selain itu dampak dari teknologi lainnya yaitu dapat mengubah pertemanan atau bahkan persaudaraan yang dekat menjadi jauh, sedangkan yang jauh menjadi dekat dan ditambah lagi dengan adanya game-game yang membuat anak-anak zaman sekarang ini terkesan kurang aktif. Mereka juga tidak akan tahu betapa indahnya permainan pada zaman 90-an pada waktu itu. Untuk itu kelak jika kita sudah menjadi orang tua marilah kita bimbing anak-anak kita dengan sungguh-sungguh agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumya.
Contoh Paragraf Persuasi yang Singkat dan Menarik
Google Image - Contoh Paragraf Persuasi yang Singkat dan Menarik
Sehubungan dengan hal diatas, maka disini kami akan memberikan contoh paragraf persuasi yang singkat dan menarik. Paragraf persuasif adalah paragraf yang berisi sekumpulan kalimat yang bersifat membujuk, merayu, dan memengaruhi pembaca agar dapat ikut sedalam kata-kata yang dituliskan ke dalam sebuah paragraf. Adapun contoh paragraf persuasif, yaitu mengenai contoh paragraf persuasif tentang agama islam yaitu paragraf yang menjelaskan tentang agama islam, contoh paragraf persuasi tentang kesehatan yaitu paragraf yang menjelaskan tentang kesehatan, misalnya mengajak warga untuk periksa gigi setiap enam bulan sekali, jagalah kebersihan, makanlah makanan yang sehat, dan masih banyak lagi, contoh paragraf persuasi pendidikan singkat yaitu paragraf yang berisi penjelasan suatu hal yang berkaitan dengan pendidikan, misalnya mengajak siswa dan siswi untuk rajin belajar, contoh paragraf persuasi tentang pola hidup sehat, misalnya mengajak untuk selalu membersihkan rumah, mengajak cuci tangan sebelum makan, dan masih banyak lagi. Struktur teks persuasif terdiri dari judul, alenia pembuka (lead), alenia penjelas (body), dan alenia penutup (ending). Dalam belajar materi mengenai persuasif disekolah, baik Ulangan semester, UN, maupun ulangan harian tak jarang juga pasti guru akan memberikan petanyaan seperti sebutkan bentuk-bentuk paragraf persuasif kepada kalian. Oleh sebab itu, disini mimin akan memberikan contoh paragraf persuasi yang singkat dan menarik untuk teman-teman semua.

Contoh Paragraf Persuasi yang Singkat dan Menarik


Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh paragraf persuasif yang singkat dan menarik!

Contoh 1:

Ayo Tanamkan Kebersihan Rumah

Rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat sekalipun rumah jelek juga. Ayah, ibu, kakak, dan adik adalah keluarga yang sangat berharga yang ada di rumah. Di rumah lah kita memiliki waktu yang paling banyak berbincang dengan keluarga. Agar selalu nyaman bersama keluarga, maka rumah haruslah selalu bersih dan menyenangkan ketika dipandang. Maka dari itulah, mari kita bersihkan rumah kita, janganlah malas untuk membersihkan rumah setiap hari. Karena rumah yang bersih juga bisa memengaruhi tingkat emosional seseorang.

Contoh 2:
    Ayo Tanamkan Sikap Tolong Menolong

Marilah sejak dini kita tanamkan di diri sendiri untuk saling tolong menolong terhadap sesama manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Keita suatu hari pasti membutuhkan orang lain untuk melakukan urusan kita di dunia ini, dari kita lahir sampai kita menemui ajal nanti. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama akan terlihat lebih ringan. Pepatah mengatakan “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.” Meski pun memang ada pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan sendiri. Namun pekerjaan tersebut akan terasa berat dan hasilnya pun tidak memuaskan. Tetapi sebaliknya, apabila kita saling membantu, maka pekerjaan tersebut akan terasa sangat mudah dengan hasil yang memuaskan. Oleh karena itulah, mari kita tanamkan tolong menolong terhadap sesama supaya pekerjaan menjadi lebih mudah.

Contoh 3:
Mari hidup sehat
   
Sehat merupakan sesuatu yang sangat mahal bagi siapa pun, sehingga banyak orang rela menghabiskan uang sebanyak apapun demi kesehatan. Oleh sebab itu, sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa banyak orang yang ingin hidup sehat. Untuk hidup sehat kita perlu melakukan olahraga, makan makanan yang bergizi. Selain itu, jika ingin hidup dengan pola yang sehat maka jauhilah makanan yang bersifat instan. Makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki gizi tinggi, tidak perlu dengan harga mahal. Makanan yang sehat bisa berupa sayur-mayur, buah-buahan, ikan, daging dan lain sebagainya. Kesehatan perlu dijaga karena keberadaannya jauh lebih berharga ketimbang harta apa pun di dunia ini. Banyak orang yang kaya tetapi sakit-sakitan, namun justru sebaliknya banyak orang yang hidupnya pas-pasan malah memiliki pola hidup sehat. Oleh karena itulah mari kita jaga pola hidup kita, supaya kesehatan selalu bersama kita.