Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal

Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Contoh teks narasi Ujian Nasional berserta contoh soal ini ditujukan bagi kalian yang ingin mempersiapkan Ujian Nasional dengan matang agar menghasilkan nilai yang cukup bagus. Ujian Nasional sering di anggap sebagai momok oleh sebagian siswa dan siswi, karena Ujian Nasional menentukan lulus tidak lulusnya seseorang dalam menempuh pendidikan, tetapi hal itu tidak menjadi patokan lagi dalam kelulusan. Kemendikbud sudah membuat kebijakan dalam meluluskan siswa dan siswi di sekolah, yaitu dengan cara melakukan penilaian keseharian saat di sekolah, yang dinilaipun juga diambil beberapa aspek didalamnya, misalnya saja dari segi tingkah laku ataupun moral, keagamaan, dan sosial yang ada disetiap diri masing-masing siswa dan siswi. Dalam hal itu, bukan berarti kita boleh asal-asalan dalam mengerjakan soal Ujian Nasional, kita tetap harus mengerjakan soal-soal terseut dan soal yang diujikan dalam UN yaitu soal yang sudah dipelajari selama di sekolah. Tentunya teman-teman semua ingin mendapatkan nilai yang memuakna bukan. Untuk itu, disini kami akan menampilkan beberapa contoh soal yang biasa diujikan dalam Ujian Nasional yaitu teks narasi beserta contoh soal.
Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal
Google Image - Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal
Teks narasi adalah sebuah teks  karangan yang mengisahkan atau menerangkan secara rinci serta lengkap tentang suatu peristiwa atau kejadian yang berlandaskan dengan kronologi atau urutan waktu. Ada dua macam jenis peristiwa didalam teks narasi, yaitu kejadian yang nyata dan teks narasi sebuah khayalan atau imajinasi penulis. Dalam kisah nyata biasanya memuat teks cerita yang menceritakan suatu hal yang sudah terjadi. Sementara itu, teks narasi khayalan atau imajinasi dapat diambil dari sebuah cerita rekayasa atau khayalan, misalnya drama, cerpen, novel, roman dan biografi seseorang. Nah, apakah teman-teman sudah ada bayangan di fikian kalian masing-masing tentang bagaimana contoh teksnya beserta contoh soalnya?. Oke, kami akan membantunya dalam memberikan beberapa contohnya berikut ini.


Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal


Berikut kami tampilkan teks narasi dan contoh Soal yang sering muncul saat Ujian Nasional!

Hamas telah menerbitkan buku teks pelajaran baru yang berisi tentang perlawanan terhadap Israel. Buku itu mengambarkan masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan Gua Para Leluhur di Hebron dua situs lokasi bentrokan antara umat Islam dan Yahudi. Isinya mengenai politik dan sejarah Palestina secara tegas dan tidak mengakui negara Israel. Hamas, dalam buku ini disejajarkan dengan pahlawan nasional Yasser Arafat. Sejarah mutakhir juga dicantumkan dalam buku tersebut, seperti serangan militer Israel ke jalur Gaza pada musim dingin 2008-2009 dan November 2012.

1. Ide pokok paragraf tersebut adalah:

    A. Terbitnya buku teks pelajaran baru pelajaran baru
    B. Gambar sampul buku tekspelajaran baru
    C. Pengakuan Negara Israel terhadap buku
    D. Kesejajaran pendiri hamas dengan Yaeser
    E. Pencantuman sejarah mutakhir dalam buku

Pembahasan:
Untuk menyelesaikan soal seperti ini kamu harus mampu melakukan pembacaan cepat dan mendalam. Biasanya, ide pokok paragraf dapat terlihat di awal paragraf ataupun di akhir paragraf. Untuk soal ini ide pokoknya terletak di awal paragraf. Sebab,, informasi pada kalimat setelah kalimat pertama merupakan penguatan konten dari ide pokok paragraf. Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk soal ini ialah (A).

Didepan terlihat Ombak yang bergulung begitu lembut pada sore itu dan sungguh menunjukkan pesona laut. Perahu nan elok dengan layar warna-warni menghias nyata di alam indah yang terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar senja sore. Sementara itu ada wajah kecut seorang wanita muda nan cantik rupawan berpaling bahwa pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya yang hancur. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat kepadanya. Kesuciannya dirampas karena janji-janji kosong belaka. Wanita itu pun merenung seorang diri, ternyata keimanannya telah dikalahkan hanya dengan pujian semata yang mampu memabukkan dan hanya rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk biar tenggelam, tetapi mana mungkin?

2. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

    A. Membuka hati
    B. Kebahagiaan semu
    C. Mulut manisnya
    D. Mulut berbisa
    E. Kelembutan hati

Pembahasan:
Ungkapan adalah sebuah perkataan atau kelompok kata yang khusus menyatakan maksud tertentu dalam arti kiasan, bermakna tidak sebenarnya. Ungkapan yang sesuai  cerita di atas  adalah “mulut manis”. Ungkapan itu menggambarkan keadaan tokoh wanita yang terjebak dan terbuai oleh perkataan yang mampu melenakan atau meleleh hatinya. Sehingga jawaban yang benar adalah (C).

3. Pagi itu indah sekali di Puncak Pas.Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau. Sepanjang mata memandang, tampak kebun teh yang hijau segar.  Langit sangat bersih dan berwarna biru cerah, menjadi pemandangan yang sungguh indah. 

Pembuka cerpen di atas berisi tentang..
    A. Latar    
    B. Tema       
    C. Alur              
    D. Penokohan
    E. Kharakter

Pembahasan:
Ungkapan pada contoh teks narasi di atas menujukan suatu keadaan atau suasana yang sedang terjadi saat itu. Di pagi hari yang indah yang diwarnai dengan matahari yang bersinar cerah dan pepohonan merupakan suatu struktur yang menunjukan latar. Latar adalah suatu yang menunjukan keterangan tempat, waktu, dan suasana yang sedang terjadi pada saat itu. Sehingga jawaban yang benar ialah (A).

4. Darko adalah seorang anak yang memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan jika orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia sering menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Dia juga tulus dalam melayani pelanggannya. Walaupun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas. Jika kami menanyakan hal  itu, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung. 

Berikut yang bukan karakter Darko adalah ….
    A. Ramah
    B. Supel
    C. Iklas
    D. Rajin
    E. Boros

Pembahasan:
Ungkapan pada contoh teks narasi di atas yaitu Darko adalah seorang anak yang memiliki pembawaan yang ramah, selain itu dia juga suka menceritakan hal-hal lucu kepada pelanggannya. Dapat kita simpulkan bahwa Darko adalah anak yang ramah, supel, dan ikhlas. Sehingga jawaban yang benar ada dua yaitu (E) dan (D).

5. "Hasil survey Badan Pusat Stastistik (BPS) di Indonesia pada tahun 2013 menunjukkan bahwa orang Indonesia paling gemar menonton televisi, yaitu sekitar 91,68 persen” kata Hamid. Sebelumnya pada 12–13 November 2015, diselenggarakan pelatihan bagi 68 guru dari 33 provinsi mengenai buku pengenalan terhadap jasa keuangan itu. Para peserta pelatihan juga berlatih menggunakan permainan Sikapi uangmu, sebagai penerapan melalui permainan pengenalan produk dan jasa keuangan. Diharapkan, siswa dapat bermain sambil belajar.

Kata yang tepat untuk memperbaiki kata yang tidak baku dalam paragraf tersebut adalah:
    A. Survai, televisi, propinsi
    B. Survei, televisi, provinsi
    C. Survei, telipisi, propinsi
    D. Survey, telivisi, provinsi
    E. Survay, televisi, propinsi

Pembahasan:
Untuk menyelesaikan soal seperti ini sebenarnya cukup mudah. Kamu tidak perlu membaca seluruh paragraf tersebut, cukup melihat pilihan jawabannya saja. Sebab, soal seperti ini hanya membutuhkan kamu mengoreksi kata baku yang tepat pada pilihan jawabannya. Dalam menjawab soal ini, kamu harus memiliki banyak pengetahuan mengenai kata baku dari kata yang sehari-hari kamu gunakan. Agar dapat mengetahui kata baku tersebut, kamu bisa mencarinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau web KBBI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sehingga kita dapat menemukan jawaban yang benar yaitu (B).

Baca Juga: Contoh Teks Anekdot dalam Ujian Nasioanl Berserta Contoh Soal, Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal, & Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah US dan UN Bahasa Indonesia.

Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Demikian adalah beberapa contoh teks narasi dan contoh macam soalnya. Semoga dapat membantu anda semua dalam mempersiapkan Ujian Nasional dengan matang, dan semoga setelah membaca artikel ini kalian semua mendapatkan nilai yang memuaskan. Sekian dan terima kasih.