Contoh Teks Deskripsi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru

Contoh Teks Deskripsi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru - Dalam pelajaran bahasa indonesia terdapat sebuah text, dan teks tersebut memiliki berbagam jenis. Seperti yang kita ketahui bahwa teks adalah sebuah kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat atau paragrap. Cntoh teks yang sering kita jumpai seperti di teks pancasila, teks pesan, karya ilmiah maupun makalah dan lain sebagainya. Sifat dari teks biasanya memiliki penjabaran yang lebih lengkap dan bisa disebut teks yang penjabarannya panjang, sehingga terkadang membuat pembaca perlu menerapkan teknik membaca cepat agar tidak menghabiskan waktu yang terlalu banyak.
Contoh Teks Deskripsi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru
Google Image - Contoh Teks Deskripsi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru
Salah satu jenis teks yang akan kita bahas kali ini yaitu teks deskripsi. Teks deskripsi adalah sebuah teks karangan yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas, seperti dari bentuk fisiknya, fungsinya, dan lainnya yang menggambarkan objek secara khusus. Dalam membaca teks deskripsi ini membuat pembaca dapat merasakan dengan apa yang ada di teks deskripsi tersebut. Salah satu contoh kecil teks deskripsi misalnya mendeskripsikan sebuah kejadian alam seperti banjir yang menggambarkan keadaan disana seperti apa, apakah ada korban dari bencana banjir tersebut. Tujuan teks deskripsi adalah untuk menyampaikan sebuah informasi kepada membaca dengan cara menggambarkan objek secara rinci dan jelas. Adapun struktur teks deskripsi yaitu identifikasi, klasifikasi, dan bagian deskripsi. Adapun jenis teks deskripsi terbagi dalam berbagai jenis yaitu teks deskriptif subjektif, teks deskriptif spatial, dan teks deskriptif objektif. Selain itu teks deskripsi juga memiliki ciri kebahasaan yaitu menggunakan kata benda yang sesuai dengan topik yang dideskripsikan, menggunakan frasa yang mengandung kata benda, mengandung kata sifat yang menggambarkan, mengandung kata kerja transitif untuk menjelaskan ojeknya, mengandung kata perasaan atau pendapat, mengandung kata keterangan, dan mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Oiya dalam artikel kali ini mimin akan menampilkan contoh teks deskripsi singkat dan terbaru, yuk langsung saja lihat contoh teksnya di bawah ini ya!

Contoh Teks Deskripsi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru

Contoh 1

Kucing 

Aku mempunyai kucing perempuan dirumah. Kucingku bernama Molly. Bulunya berwarna abu - abu pucat. Molly mempunyai muka yang bulat, berbadan gemuk, dan memiliki ekor yang panjang. Ia sangat lucu sekali. Ketika aku pulang dari sekolah Molly selalu menyambutku dan berkata "meoong" sambil mendekati aku. Aku suka sekali bermain dengan Molly setiap pulang dari sekolah. Molly suka sekali makan ikan gabus. Aku sayang sekali dengan Molly.

Contoh 2

HandPhone 

Fani mempunyai handphone yang sangat canggih. Handphonenya berwarna pink keemasan. Ia membelinya di sebuah toko handphone di pasar. Fani juga sering berfoto - foto dan foto tersebut diupload ke sosial media dengan handphonenya. Terkadang ketika kami sedang mengalami kesulitan dalam belajar, Fani selalu menggunakan handphonenya untuk belajar bersama - sama denganku. 

Contoh 3

Ayah & ibu

Ayah dan ibu adalah sosok manusia yang sangat baik sekali. Ia sangat menyayangi anaknya. Apapun yang diminta oleh anak pasti diberi atau belikan. Ayah rela bekerja pagi sampai malam untuk mencari nafkah dan ibu rela mengurus kita setiap hari dirumah. Aku sangat sayang pada ayah dan ibuku.

Contoh 4

Sahabat

Aku mempunyai seorang sahabat yang bernama Dini. Ia sangat baik sekali kepadaku. Dini selalu mendengarkan cerita keluh - kesahku setiap aku sedang marah. Ia juga selalu menasehatiku dengan sabar. Aku sangat menyayangi sahabatku.

Contoh 5

Pemilu

Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh negara untuk memilih pemimpin di negara ini. Dalam pemilu terdapat jenis jabatan yang akan dicarikan penggantinya di acara pemilu, mulai dari pemilihan Presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD Kab/kota dan DPD. Setiap calon harus memaparkan visi dan misinya, agar tujuannya jelas kenapa ia mencalonkan diri, sehingga rakyatpun dapat menentukan pilihanya berdasarkan pemaparan yang sudah dijelaskan oleh para calon. Setiap masyarakat Indonesia diwajibkan untuk memilih dan dilarang untuk golput agar terwujudnya Indonesia yang maju dan sejahtera.

Baca juga: Contoh Teks Narasi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal 

Contoh Teks Deskripsi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru - Demikian beberapa contohnya, semoga dapat membantu teman-teman semua. Terima kasih dan sampai jumpa :)